Tips Cerdas dan Bijak Kredit Mobil Bekas

Tips Cerdas dan Bijak Kredit Mobil Bekas

kredit Tak ada komentar pada Tips Cerdas dan Bijak Kredit Mobil Bekas

Dewasa ini bagi orang yang tinggal di daerah perkotaan, mobil tak lagi menjadi kebutuhan tersier melainkan sudah menjadi kebutuhan sekunder atau bahkan primer. Sebab dengan memiliki mobil sendiri, bepergian dengan jarak yang jauh atau pergi bersama keluarga serasa lebih mudah. Selain itu, tidak bingung berteduh saat hujan tiba. Namun masalahnya, tak semua orang bisa membeli mobil baru. Sehingga terkadang membeli secara cash maupun kredit mobil bekas menjadi pilihan bagi mereka di saat tabungan tidak memungkinkan untuk membeli yang baru.

Ada banyak lembaga keuangan maupun dealer yang menyediakan jasa kredit untuk produk mobil bekas. Anda bisa mengajukannya ke bank, ke lembaga finance, ke leasing maupun ke dealernya langsung. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Apabila Anda menginginkan proses yang mudah dan cepat, Anda bisa memilih perusahaan finance sedangkan jika Anda ingin bunga yang lebih ringan maka Anda dapat memilih bank. Dari keduanya, Anda biasanya akan diminta membayar uang muka atau DP mobil setidaknya 25-30% dari harga keseluruhan mobil.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan kredit mobil bekas, ada baiknya jika Anda memahami dan mengikuti tips bijak dan cerdas berikut ini agar nantinya Anda tidak kecewa atau terugikan:

Tips Sebelum Mengambil Kredit Mobil Bekas

1. Pilih mobil yang terbaik

Baik membeli secara baru maupun bekas, pilihan mobil yang terbaik adalah mutlak atau wajib hukumnya. Sebab tentu Anda tak mau jika suatu hari nanti mobil tersebut jadi rewel bahkan rusak sehingga Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk memperbaiki mobil tersebut. Apalagi jika mobil tersebut merupakan mobil keluaran Eropa yang notabene suku cadangnya lebih mahal daripada suku cadang mobil Jepang.

Melakukan perbandingan antara mobil satu dengan mobil yang lainnya juga harus Anda lakukan saat Anda memutuskan untuk kredit mobil bekas. Cermatilah kondisi mobil keseluruhan, termasuk juga mesinnya. Jangan lupa untuk mencoba mobil tersebut, apakah Anda benar-benar merasa nyaman atau tidak.

2. Mintalah diskon

Apabila Anda memiliki saudara atau teman yang memang langganan membeli mobil bekas, maka Anda bisa meminta tolong mereka untuk membujuk si pemilik dealer untuk memberikan diskon harga mobil. Selain itu, dengan memutuskan membeli mobil bekas secara kredit itu berarti si pemilik dealer sudah lebih diuntungkan melalui suku bunga cicilan, jadi jangan ragu untuk meminta diskon harga mobil.

3. Kenali perusahaan leasing atau finance

Ini adalah tips bagi Anda yang melakukan kredit mobil second dengan jasa perusahaan leasing atau finance, pastikan bahwa Anda memang benar-benar mengenal kredibilitas perusahaan tersebut dalam hal pembiayaan mobil bekas. Anda bisa mencari informasi melalui orang-orang terdekat Anda ataupun mencari informasinya dari internet. Ada baiknya jika Anda memilih lembaga finance atau leasing yang sudah memiliki banyak kantor cabang sehingga menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memang sudah kredibel dan memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat.

4. Sesuaikan DP, jangka waktu dan suku bunga dengan kemampuan Anda

Anda harus benar-benar menyesuaikan kemampuan Anda secara finansial dalam memilih DP, jangka waktu dan suku bunga kredit mobil bekas. Karena ada kredit yang DP-nya ringan namun jangka waktu dan suku bunga cicilannya cukup besar jika ditotal-total. Ada juga yang DP-nya agak mahal, namun dari nilai angsuran yang dihitung dari jangka waktu dan suku bunga cicilannya secara keseluruhan lebih murah. Anda harus benar-benar memperhitungkannya sesuai kemampuan Anda agar nantinya Anda tidak kesulitan dalam membayar DP atau angsuran.

contoh kredit mobil bekas

Leave a comment

Back to Top