Cek Nomor Kendaraan Online dan SMS: Praktis, Cepat dan Akurat

Cek Nomor Kendaraan Online dan SMS: Praktis, Cepat dan Akurat

Info Tak ada komentar pada Cek Nomor Kendaraan Online dan SMS: Praktis, Cepat dan Akurat

Cek Nomor Kendaraan Online – Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), kita semua tentu memiliki identitas diri yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP). Begitu juga kendaraan bermotor yang ada di Indonesia, tentu memiliki ‘identitas’ berupa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut memang benar-benar milik seseorang. Jadi jika Anda kehilangan kendaraan Anda, maka kendaraan tersebut dapat dilacak berdasarkan nomor polisi atau nomor kendaraan tersebut. Ada dua cara untuk mengecek nomor kendaraan yaitu dengan cek nomor kendaraan online maupun melalui SMS. Jadi Anda tak perlu harus datang ke kantor SAMSAT.

STNK datang bersamaan dengan plat besi yang bertuliskan nomor kendaraan sesuai dengan yang tertera pada STNK sekaligus tanggal berakhirnya pajak kendaraan. Nomor kendaraan di Indonesia terdiri dari kombinasi huruf dan angka, satu atau dua huruf di depan adalah kode nomor kendaraan sesuai wilayah. Jika kendaraan tersebut memiliki plat B artinya kendaraan tersebut berasal dari Jakarta, F dari Bogor, D dari Bandung dan sebagainya. Selain nomor kendaraan didapatkan dari SAMSAT langsung sesuai wilayah secara acak, Anda pun dapat memesan nomor kendaraan sesuai keinginan Anda. Dengan harga yang cukup mahal tentunya, bisa berkisar jutaan hingga puluhan juta rupiah.

2 Cara Cek Nomor Kendaraan

Pada plat kendaraan terdapat juga tanggal berakhir pajak kendaraan sehingga jangan heran jika saat berada di jalan, tiba-tiba Anda di-stop oleh Polantas atau di tilang saat razia karena Anda belum membayar pajak dan memperpanjang STNK. Nah, untuk mengantisipasi hal semacam ini, cek nomor kendaraan Anda dengan dua cara di bawah ini:

1. Cek nomor kendaraan via SMS

Kini Anda tak perlu repot-repot lagi antri berlama-lama di kantor SAMSAT hanya untuk cek nomor kendaraan Anda, Anda bisa melakukannya via SMS. Hampir semua orang telah memiliki ponsel bukan? Ini dia caranya:

  • Jakarta: Ketik Metro(spasi)nomor polisi, kirim ke 1717.
  • Jawa Barat: Ketik Info(spasi)nomor polisi(spasi)warna kendaraan, kirim ke 08112119211.
  • Jawa Tengah: Ketik JATENG(spasi)nomor polisi, kirim ke 9600.
  • Jawa Timur: Ketik JATIM(spasi)nomor polisi, kirim ke 7070.
  • Kepulauan Riau: Ketik Kepri(spasi)nomor polisi, kirim ke 9969.
  • Daerah Istimewa Yogyakarta: Ketik DIY(spasi)nomor kendaraan, kirim ke 9600.

2. Cek nomor kendaraan online

Selain bisa melalui SMS, Anda juga bisa mengecek nomor kendaraan dengan cara mengakses situs SAMSAT yang tersedia. Jadi jika Anda tidak memiliki pulsa untuk melakukan pengecekan nomor kendaraan via SMS, Anda bisa melakukannya secara online. Anda bisa mengakses situs SAMSAT online untuk pengecekan plat nomor kendaraan bermotor melalui web browser dari PC ataupun laptop maupun browser yang ada pada handphone Anda. Berikut ini alamat yang dapat Anda akses sesuai wilayah

Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, baik cek nomor kendaraan via SMS maupun cek nomor kendaraan online sama-sama mudah, bukan? Anda tak perlu lagi buang waktu Anda berlama-lama antri di kantor SAMSAT hanya untuk mengecek nomor kendaraan.

Cek nomor kendaraan ini juga berguna ketika Anda akan membeli kendaraan bekas baik mobil atau motor, melihat peristiwa tabrak lari atau menjadi saksi peristiwa kejahatan yang dilakukan dengan kendaraan misalkan perampok atau penjambret yang menggunakan kendaraan motor atau peristiwa penculikan yang melibatkan kendaraan mobil. Dengan catatan, plat nomor kendaraan asli.

cek nomor kendaraan online 1

Leave a comment

Back to Top