Tata Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Tata Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

gadai Tak ada komentar pada Tata Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian – Pegadaian merupakan lembaga yang bisa dijadikan solusi bagi mereka yang membutuhkan uang dengan cepat dalam berbagai jumlah pinjaman. Pegadaian bisa dikatakan lebih aman dibandingkan bank ataupun perusahaan pembiayaan karena pegadaian merupakan bentukan dari pemerintah. Selain itu bunga di pegadaian memiliki cara hitung yang berbeda dengan bunga bank dan perusahaan pembiayaan sehingga dinilai lebih memudahkan masyarakat kecil. Dari alat elektronik, emas, BPKBK kendaraan hingga sertifikat rumah dan tanah bisa digadaikan di pegadaian. Barang jaminan akan sangat mempengaruhi besaran nominal pinjaman. Jika Anda ingin meminjam dalam jumlah besar hingga puluhan atau ratusan juta dengan cara yang aman, maka gadai sertifikat rumah di pegadaian merupakan solusi yang tepat.

Umumnya orang akan melihat pegadaian sebagai tempat untuk menggadaikan barang berharga seperti smartphone, emas, barang elektronik atau BPKB kendaraan. Namun sebenarnya pegadaian juga menerima pegadaian sertifikat rumah atau tanah. Jika Anda memiliki kebutuhan dalam jumlah yang besar, maka menggadaikan sertifikat rumah atau tanah bisa dijadikan solusi utama karena lebih aman dan cepat prosesnya. Jika Anda menggunakan jasa bank atau perusahaan pembiayaan maka proses yang dibutuhkan cukup lama bahkan hingga 2 minggu. Untuk proses di pegadaian biasanya lebih cepat hanya dalam hitungan 1 hingga 4 hari kerja saja.

Yang menjadikan pegadaian berbeda dengan bank atau lembaga pembiayaan lain adalah dalam pemilihan tenor pinjaman. Pegadaian akan memberikan masa 4 bulan atau selama 120 hari untuk nasabah agar bisa melunasi pinjaman dengan bunga tertentu. Jika masa 120 hari tersebut belum cukup, maka nasabah bisa melunasi bunga saja untuk memperpanjang masa pinjaman. Bunga pegadaian tidaklah sebesar bunga bank atau bunga dari perusahaan pembiayaan sehingga Anda bisa memiliki kesempatan luas untuk mengusahakan pengembalian uangnya.

Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Berikut ini adalah tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian bagi Anda yang membutuhkan informasinya:

  1. Persyaratan Dokumen

Meski yang digadaikan adalah sertifikat rumah, namun tentu saja akan membutuhkan dokumen lain sebagai pelengkap seperti:

  • KTA
  • KK
  • Surat Nikah.

Selain dokumen tersebut tentu saja diperlukan sertifikat asli rumah yang akan digadaikan. Rumah tersebut haruslah rumah pribadi bukan rumah dinas atau sewa.

  1. Datang ke cabang pegadaian terdekat untuk mendaftarkan permohonan kredit Anda.
  2. Serahkan sertifikat rumah dan tunggu petugas pegadaian untuk menaksir harga rumah Anda.
  3. Pinjamlah hanya sebesar kebutuhan saja agar tidak memiliki hutang yang tidak perlu.
  4. Catat tanggal jatuh tempo agar Anda tidak kelupaan untuk mengambil dan membayar pinjaman. Petugas pegadaian juga akan mengirimkan notifikasi melalui sms atau telepon untuk mengingatkan Anda.
  5. Jika Anda sudah memiliki uang untuk menebus sertifikat meski belum jatuh tempo, maka Anda bisa datang langsung ke pegadaian dengan membawa surat bukti gadai.

Mudah bukan cara gadai sertifikat rumah di pegadaianmelalui pegadaian Anda bisa meminjam uang dengan cepat dan mudah dari berbagai barang jaminan. Kebutuhan rumah tangga, sekolah, kesehatan dan sebagainya bisa lebih cepat terpenuhi. Bunga pegadaian juga lebih rendah dibandingkan bunga bank dan perusahaan pembiayaan lainnya sehingga memberi kemudahan bagi masyarakat kalangan menengah kebawah. Bukan hanya emas, bpkb, dan sertifikat saja yang bisa digadaikan, bahkan alat elektronik tertentu juga bisa diterima di pegadaian asalkan dari merk yang terpercaya dan merupakan produk keluaran baru yang memiliki kondisi baik atau layak pakai.

cara-gadai-sertifikat-rumah-di-pegadaian-1

Leave a comment

Back to Top