Ingin Mengajukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan? Simak Dulu Prosedurnya!

Ingin Mengajukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan? Simak Dulu Prosedurnya!

Pinjaman Tak ada komentar pada Ingin Mengajukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan? Simak Dulu Prosedurnya!

Salah satu lembaga keuangan yang dipercaya masyarakat untuk memperoleh pinjaman tanpa jaminan selain bank adalah koperasi. Koperasi memang dikenal sebagai lembaga keuangan yang memiliki kebijakan pro-rakyat dan berbadan hukum jelas. Disebut pro-rakyat karena koperasi memegang teguh asas kekeluargaan dan gotong royong dalam upaya bersama-sama saling mensejahterakan di antara anggotanya, ini sesuai dengan prinsip dasarnya yang tercantum pada UU nomor 17 tahun 2012. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan pinjaman koperasi tanpa jaminan dan produk pinjaman koperasi lainnya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jenis koperasi yang menyediakan jasa pinjaman uang baik dengan atau tanpa jaminan adalah koperasi simpan pinjam atau yang lebih dikenal sebagai KSP. Prinsip dasar dari koperasi ini sesuai dengan ketentuan yang ada dalam UU adalah memiliki anggota yang sifatnya terbuka dan sukarela, dikelola dengan cara yang demokratis dan secara mandiri. Selain melayani anggota dan nasabahnya untuk menabung atau menyimpan uang, koperasi simpan pinjam juga melayani pemberian pinjaman kepada anggota atau nasabah yang lain dari dana yang berhasil dihimpun dari para nasabah, mulai dari yang berbentuk simpanan wajib, simpanan pokok hingga simpanan sukarela. Koperasi ini memiliki kelebihan:

  • Mempermudah para anggota KSP dalam hal menabung maupun mengajukan pinjaman.
  • Pungutan jasa pengurus atau istilah lainnya biaya administrasi lebih ringan jika dibandingkan dengan biaya administrasi layanan perbankan dalam hal tabungan dan pinjaman.
  • Mengutamakan asas kekeluargaan dan gotong royong sehingga sebagai anggota, kita juga jadi lebih mudah dan leluasa untuk mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.
  • Adanya pembagian keuntungan yang didapat koperasi lewat Sisa Hasil Usaha (SHU) yang akan diperoleh setiap anggotanya pada saat Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Salah satu produk pinjaman unggulan KSP adalah pinjaman koperasi tanpa jaminan yang dapat dinikmati oleh Anda jika Anda telah melaksanakan prosedur pengajuan pinjaman di bawah ini.

Prosedur Pengajuan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

1. Pendaftaran Anggota

Pinjaman koperasi terbatas hanya untuk anggotanya saja sehingga prosedur pertama untuk mengajukan pinjaman di koperasi baik dengan atau tanpa jaminan adalah dengan mendaftar jadi anggotanya terlebih dahulu di KSP tersebut. Adapun dengan persyaratan sebagai berikut; Warga Negara Indonesia (WNI), mendaftar secara individual (bukan berbentuk badan hukum atau kelompok), membayar simpanan wajib dan simpanan pokok, serta menyetujui AD/ART dan ketentuan atau peraturan lain dalam koperasi.

2. Pengajuan atau Permohonan Pinjaman

Setelah Anda dinyatakan resmi menjadi anggota koperasi simpan pinjam, maka Anda sudah berhak untuk melakukan pengajuan atau permohonan pinjaman dengan persyaratan antara lain; mengisi formulir pinjaman, menyerahkan fotokopi KTP suami istri bila sudah menikah, melampirkan dokumXen lain seperti fotokopi KK, rekening listrik, slip gaji dan lain-lain. Bila perlu, Anda juga lampirkan proposal tujuan pengalokasian/penggunaan dana seperti untuk keperluan modal usaha dan sebagainya.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Koperasi

3. Pertimbangan dan Persetujuan

Pengurus koperasi akan melakukan musyawarah untuk mempertimbangkan proposal pengajuan pinjaman dari Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan apabila nantinya pengajuan pinjaman Anda disetujui, maka kemudian pencairan dana pinjaman serta jangka waktu pengembalian pinjaman akan diatur di dalam suatu kesepakatan atau perjanjian antara koperasi dan anggotanya yang menjadi calon debitur. Namun karena modal yang dimiliki koperasi terbatas, maka nominal pinjaman yang akan Anda terima diputuskan melalui pertimbangan kepentingan untuk keseluruhan anggota koperasi. Artinya, bisa saja jumlah pinjaman koperasi tanpa jaminan yang Anda terima tidak sama dengan jumlah yang Anda ajukan.

Leave a comment

Back to Top