6 Manfaat Koperasi Bagi Masyarakat yang Harus Diketahui

6 Manfaat Koperasi Bagi Masyarakat yang Harus Diketahui

Info Tak ada komentar pada 6 Manfaat Koperasi Bagi Masyarakat yang Harus Diketahui

Tentunya sudah tak begitu asing lagi bagi Anda mengenai koperasi, ia adalah salah satu instansi yang memang sengaja dibuat oleh pemerintah untuk kebutuhan membuat ekonomi keluarganya menjadi semakin baik. Koperasi mulai dikembangkan semenjak masa pemerintahan Soeharto, inilah mengapa ia juga dikenal sebagai bapak koperasi. Dalam perkembangannya hingga sekarang ini sudah mulai banyak bermunculan bentuk-bentuk baru dari koperasi, dimana dulunya hanya simpan pinjam, menjadi koperasi berbasis pertanian, peternakan dan masih banyak lagi. Manfaat koperasi bagi masyarakat ini sangatlah banyak.

Bahkan mungkin Anda sendiri sudah merasakannya bagi kehidupan, dimana untuk satu desa yang memiliki sebuah koperasi, maka keadaan ekonominya berlangsung menjadi semakin baik bagi setiap anggota yang ada di dalamnya. Untuk bisa mendapatkan pinjaman dari lembaga yang satu ini memang tidak semua orang, melainkan hanya mereka yang memang tergabung sebagai anggota dari koperasi tersebut. Lalu bagaimana caranya untuk bisa menjadi bagian dari koperasi? Sangat mudah, yaitu dengan mendaftar dan membayar iuran pokok serta iuran wajib.

Setelah menjadi anggotanya baru kemudian Anda bisa mendapatkan pinjaman dari koperasi tersebut, bunga yang diberikan relatif sangat kecil, sehingga lebih menguntungkan dibandingkan dengan meminjam ke instansi lainnya. namun dengan nilai pinjaman yang juga tergolong kecil. Lalu apa manfaat koperasi bagi masyarakat secara luas, maka berikut ini yang harus Anda ketahui:

Inilah Manfaat Koperasi Bagi Masyarakat

  1. Umumnya barang dan jasa yang ditawarkan oleh koperasi nilainya jauh lebih murah dibandingkan dengan toko-toko yang lainnya, Anda bisa bandingkan sendiri ketika membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan oleh koperasi, karena mereka memang memiliki orientasi utama bukan keuntungan atau profit, melainkan lebih kepada kekeluargaan, bermanfaat bagi masyarakat banyak.
  2. Menumbuhkan sikap jujur, karena pada dasarnya koperasi ini sendiri memang tak hanya dikelola oleh satu orang anggota saja, melainkan banyak dan semuanya memiliki peluang untuk mengelola dana yang ada. dengan adanya koperasi ini membuat setiap anggota menanamkan sifat jujur dan juga saling percaya. Sehingga koperasi juga bisa berjalan secara lebih baik.
  3. Berguna untuk melatih jiwa mandiri, pada dasarnya koperasi yang dikelola oleh setiap daerah disesuaikan dengan potensinya masing-masing, termasuk diantaranya adalah apa yang ada di kawasan tersebut. Potensi daerah bisa dikembangkan sebagai bentuk pemasukan untuk warga di dalamnya, salah satunya adalah dengan mengembangkan atau menjalankan koperasi.
  4. Untuk melatih penggunaan pendapatan secara efektif, dari hasil kerja yang sudah dilakukan nantinya akan muncul laba, dalam sebuah bisnis umumnya laba ini sendiri akan digunakan untuk membangun sebuah cabang usaha yang baru, namun berbeda dengan koperasi agar hasilnya lebih tinggi, maka uang laba akan digunakan untuk bisnis pinjam meminjam kepada anggotanya, tentunya dengan tambahan bunga, meskipun nilainya tak besar.
  5. Membentuk kerjasama lebih baik, semua bagian usaha dalam koperasi ini dilakukan bersama, tidak bisa sendiri tanpa bantuan dari orang lain, sehingga dengan kerjasama yang timbul akan membuat anggotanya menjadi pribadi yang mudah bergaul dengan orang lain, membentuk hubungan yang lebih baik. Khususnya dalam hal management.
  6. Membantu setiap anggotanya untuk memperoleh pinjaman lebih mudah, ketika salah satu anggota bermasalah dengan keuangan maka tak perlu bingung, karena dari organisasi ini bisa mendapatkan bantuan dengan mudah, tanpa harus membayar bunga yang tinggi.

Banyak manfaat koperasi bagi masyarakat dan memang wajib untuk Anda ketahui.

Leave a comment

Back to Top