Lowongan Kerja Sampingan Mahasiswa untuk Tambah Uang Saku

Lowongan Kerja Sampingan Mahasiswa untuk Tambah Uang Saku

Uncategorized Tak ada komentar pada Lowongan Kerja Sampingan Mahasiswa untuk Tambah Uang Saku

Sebagai seorang mahasiswa, tugas utama Anda memanglah belajar. Namun terkadang uang saku dari orangtua tidak mencukupi kebutuhan Anda sehari-hari. Sebagai anak muda tentu kita ingin sekali bisa hang out alias nongkrong dengan teman-teman, menjalankan hobi, membeli baju dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, terlintas keinginan untuk mencari uang saku tambahan agar bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Berikut ini ada beberapa contoh lowongan kerja sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa seperti Anda.

Inilah Contoh Lowongan Kerja Sampingan

1. Manfaatkanlah laptop Anda untuk menulis artikel

Jika Anda seseorang yang memiliki bakat menulis, jangan sia-siakan kesempatan untuk mengasah bakat Anda sekaligus untuk menghasilkan uang. Apalagi jika Anda memiliki laptop atau komputer, kenapa tidak mencoba jadi penulis freelance (penulis lepas) saja? Selain tidak menyita waktu belajar dan kuliah, pekerjaan menulis ini juga cukup menguntungkan. Anda bisa mencari informasi mengenai loker penulis freelance dari internet, syukur-syukur bisa direkrut oleh perusahaan besar yang membutuhkan copywriter. 

2. Jadi tour guide, pekerjaan sampingan yang mengasyikkan

Sering nganggur di akhir pekan? Kenapa tidak mencoba jadi tour guide alias pemandu wisata saja? Jika Anda tinggal di daerah yang menjadi destinasi wisata, biasanya akan ada banyak lowongan untuk menjadi tour guide. Selain itu, Anda juga bisa melamar di tour and travel agent yang merekrut tour guide freelance saat akhir pekan atau selama libur kuliah. Anda yang punya hobi traveling, pekerjaan sampingan macam ini tentu sangat mengasyikkan. 

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Uang

3. Menjadi reporter atau kontributor di media massa

Bagi Anda yang kuliah di jurusan seperti komunikasi, jurnalistik atau bahkan sastra biasanya memiliki kesempatan untuk ikut mengisi posisi menjadi reporter atau kontributor di media massa. Banyak media cetak dan elektronik baik lokal maupun nasional yang membuka lowongan kerja sampingan bagi mahasiswa yang bersedia untuk menjadi reporter ataupun kontributor di wilayah terpencil. Selain dapat menambah penghasilan, pekerjaan semacam ini bisa jadi pengalaman kerja yang bagus. 

4. Anak sastra atau pendidikan bahasa? Jadi penerjemah saja

Bagi Anda yang kuliah di fakultas sastra maupun pendidikan (bahasa), inilah kesempatan Anda untuk menjadi penerjemah paruh waktu. Pekerjaan ini juga termasuk pekerjaan yang tidak mengharuskan Anda untuk ngantor, jadi Anda sebagai mahasiswa dapat menjalankan pekerjaan ini di waktu-waktu yang senggang dimanapun Anda berada. Baik di rumah, di kost, di kampus saat istirahat atau bahkan di kafe.

5. Jadi penyiar radio? Kenapa tidak?

contoh lowongan kerja sampingan

Anda seseorang yang suka bercakap-cakap, percaya diri dan tidak mudah canggung? Anda mungkin perlu mencoba jadi penyiar radio. Ada banyak sekali radio-radio lokal yang memperbolehkan mahasiswa ataupun kalangan umum yang belum memiliki pengalaman di bidang broadcasting untuk menjadi penyiar radio. Selain itu jam kerjanya juga fleksibel karena Anda bisa request jadwal siaran di luar waktu-waktu kuliah. Nanti ketika libur kuliah tiba, Anda bisa meminta jadwal siaran lebih banyak dari biasanya.

6. Jangan malu jadi barista atau pelayan kafe

Jika Anda punya kegemaran nongkrong dan ngopi di kafe, daripada hanya sekedar nongkrong saja, lebih baik Anda melamar jadi pegawainya saja saat kafe tersebut membuka lowongan kerja sampingan atau part-timer menjadi barista atau pelayan kafe. Biasanya pemilik kafe akan bersedia memberikan jadwal kerja di luar jadwal kuliah Anda. Jangan malu kerja jadi barista atau pelayan kafe, karena biasanya ada uang tip yang menanti Anda di luar gaji sebagai pegawai kafe.

Leave a comment

Back to Top