Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit BNI

Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit BNI

Kredit Pinjaman Tak ada komentar pada Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit BNI

Pernahkah Anda merasa kurang nyaman ketika ingin berbelanja elektronik yang memiliki harga jutaan sehingga harus membawa uang cash dalam jumlah banyak? Belum lagi jika dimasukkan ke dalam dompet pastinya akan tidak muat bukan? Saat ini sudah banyak alternatif pembayaran lain sehingga Anda sudah tidak perlu lagi membawa uang cash untuk berbelanja. Salah satu alat pembayaran selain uang adalah kartu kredit dan kartu debit. Bentuk keduanya memang mirip namun sama sekali tidak sama. Salah satu bank yang mengeluarkan kedua kartu tersebut untuk nasabahnya yang memenuhi syarat adalah BNI. Kartu debit dan kartu kredit BNI sama-sama dapat digunakan dalam membayar belanjaan sehingga lebih nyaman dan aman.

Meski sama-sama berbentuk kartu dan dikeluarkan oleh BNI, namun kartu debit dan kartu kredit memiliki proses yang berbeda. Kartu debit adalah kartu yang biasa disebut kartu ATM. Kartu tersebut dikeluarkan sehubungan dengan tabungan yang dimiliki nasabah di BNI. Saldo yang terdapat di kartu adalah saldo yang sama yang terdapat di tabungan nasabah. Jadi setiap pemilik kartu debit BNI pastinya memiliki juga rekening tabungan BNI dan setiap kali nasabah melakukan mutasi dana baik berupa tabungan, pembayaran, atau transfer ke rekening lain melalui rekeningnya akan mempengaruhi dana yang disediakan di kartu debit rekening tersebut.

Untuk dapat memiliki kartu debit BNI, nasabah hanya perlu melakukan pembukaan rekening tabungan di kantor cabang BNI terdekat dengan tabungan awal hanya sebesar Rp. 100.000. Dengan dana awal tersebut nasabah akan mendapat rekening tabungan BNI beserta kartu debit atau kartu ATM nya. Kartu debit atau ATM bahkan dapat dicetak dengan nama nasabah jika nasabah menginginkannya. Namun pencetakan nama akan memerlukan waktu dan biaya tersendiri.

Sedangkan kartu kredit BNI adalah kartu yang dikeluarkan oleh BNI untuk nasabahnya yang memenuhi persyaratan kepemilikan kartu kredit. BNI dapat menentukan nasabah mana yang layak dan belum layak memiliki kartu kredit dengan cara menyeleksi nya. Kartu kredit sama sekali tidak berhubungan dengan tabungan yang dimiliki nasabah di BNI. Dana yang diberikan sebagai limit kredit adalah pinjaman dari bank yang harus dikembalikan nasabah dalam periode yang telah ditentukan sebelumnya.

Misalnya nasabah memiliki kartu kredit dari BNI dengan limit Rp. 5.000.000 berarti bank memberikan kepercayaan dana sebesar tersebut untuk dipergunakan nasabahnya dengan catatan nasabah dapat membayarkan kembali sejumlah yang digunakan atau minimal sebesar tagihan minimal yang ditagihkan pada satu periode penagihan. Dana yang digunakan sebagai pinjaman tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan tabungan nasabah. Bahkan bagi mereka yang tidak memiliki tabungan di BNI tetap dapat mengajukan permohonan kartu kredit di BNI jika menginginkannya.

Jenis Kartu Kredit BNI

Berikut ini adalah beberapa jenis kartu kredit dari BNI:

  • BNI Visa Silver.
  • BNI Mastercard Gold.
  • BNI Visa Gold.
  • BNI Style Titanium.
  • BNI Visa Platinum.
  • BNI JCB Platinum.
  • BNI Corporate.
  • Garuda BNI.
  • BNI Lottemart.
  • Dsb.

Semua jenis kartu kredit tersebut memiliki ketentuan masing-masing yang dapat berbeda-beda.

kartu kredit BNI 1

Jika Anda menginginkan memiliki kartu kredit BNI yang serbaguna, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengajukan permohonan kartu kredit ke kantor cabang BNI terdekat. Namun perlu diingat bahwa pengajuan kartu kredit akan diseleksi terlebih dahulu salah satunya mengenai pendapatan rutin bulanan dan kredibilitas Anda di dunia perbankan Indonesia.

Leave a comment

Back to Top