Ide Usaha Modal Kecil dan Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Anda Memulainya

Ide Usaha Modal Kecil dan Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Anda Memulainya

usaha Tak ada komentar pada Ide Usaha Modal Kecil dan Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Anda Memulainya

Melihat realita yang ada bahkan mencari pekerjaan tak semudah yang dibayangkan, dengan tingkat kebutuhan yang semakin lama juga semakin meningkat, membuat banyak orang memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis. Bahkan tak jarang pula bukan hanya mereka pencari kerja yang sudah sering kali ditolak, melainkan juga orang-orang yang sebelumnya sudah mendapatkan sebuah posisi yang nyaman di sebuah perusahaan juga memutuskan untuk berhenti dan membuka sebuah bisnis sendiri. Kian lama ide usaha modal kecil kian beragam dan cukup populer.

Usaha yang dimulai dari lingkup kecil ini sendiri sebenarnya memberikan lebih banyak nilai lebih, jika dibandingkan dengan Anda memulai sebuah bisnis yang tingkatannya tinggi secara langsung, sebut saja diantaranya melihat dari segi modal yang harus dikeluarkan. Banyak orang yang kebingungan harus mencari modal dari mana untuk mengelola sebuah usaha sendiri, namun jika ruang lingkupnya saja kecil, maka dengan menjual aset sendiri atau meminjamnya sudah bisa memenuhi kebutuhan dasar dalam berbisnis ini. Satu hal penting juga yang harus diingat, bahkan setiap usaha apapun jenisnya memiliki resiko kerugian di dalamnya, ketika Anda memulai dari skala yang kecil, jikapun ada resiko maka tak seberapa.

Kesalahan dalam Melakukan Ide Usaha Modal Kecil

Banyak ide usaha modal kecil yang dapat Anda coba geluti, namun jangan sampai melakukan beberapa kesalahan ini dalam memulainya, diantaranya adalah:

  1. Menekuni bisnis yang sudah banyak dijalankan oleh orang lain, salah satu kendala yang sering kali dialami oleh pelaku usaha memang kurang kreatif, mereka cenderung senang mencontoh apa yang sudah populer dari orang lain, sehingga sebagai yang masih awam pastinya tak ada yang datang ke tempat Anda, melainkan tetap dengan membeli di kompetitor. Pilihlah sesuatu yang unik untuk melihat peluang usaha modal kecil dan untuk dijual, karena pastinya akan membuat penasaran konsumen.
  2. Kurang sabaran, diantara kesalahan lain yang sering kali dilakukan juga berhubungan dengan emosi, mengelola bisnis yang ruang lingkupnya masih tergolong baru atau kecil memang tak semudah mengelola bisnis yang sudah besar, karena pertumbuhannya lebih lambat, sehingga tak jarang diantaranya yang sudah menutup bisnis, bahkan sebelum kembali modal hanya dalam beberapa bulan pembukaan saja.
  3. Memilih bisnis yang tak sesuai dengan kemampuan Anda, anggap saja adalah usaha di bidang jasa yang sebenarnya lebih mengutamakan kemampuan jika dibandingkan dengan keuangan, ketika Anda memilih usaha ini, namun sebenarnya passion yang dimiliki tak ada disana, sudah pasti hasilnya juga tak akan maksimal, hal ini membuat konsumen tak puas dengan pelayanan yang diberikan.
  4. Terlalu serakah dalam mengambil keuntungan, belakangan ini bisnis dengan sistem dropship memang tengah populer bagi masyarakat, dimana tanpa harus mengeluarkan banyak modal, namun mereka tetap bisa jual barang bahkan dapatkan keuntungan. Hanya saja bagi pemula banyak yang belum tau cara pengelolaan dengan tepat, mereka terlalu serakah dengan mengambil keuntungan dalam jumlah tinggi, tanpa memikirkan harga yang ditawarkan oleh kompetitor, hal ini menyebabkan semua target market lari ke kompetitor.

ide usaha modal kecil 1

Baca juga: Bisnis Rumahan Modal Kecil

Kesalahan-kesalahan tersebut agaknya harus dihindari ketika Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis. Diantara ide usaha modal kecil yang dapat Anda coba, bisa dengan membuka usaha kuliner, usaha di bidang fashion, hingga yang memiliki keahlian untuk menjalankan sebuah bisnis online, maka tak ada salahnya untuk dicoba. Semua bisnis memiliki peruntungan masing-masing, tergantung bagaimana cara Anda mengelolanya.

Leave a comment

Back to Top