Fakta-fakta Menarik Motor Listrik Roda Tiga, Motor Unik Ramah Lingkungan

Fakta-fakta Menarik Motor Listrik Roda Tiga, Motor Unik Ramah Lingkungan

Info Tak ada komentar pada Fakta-fakta Menarik Motor Listrik Roda Tiga, Motor Unik Ramah Lingkungan

Belakangan ini, foto seorang ibu mengendarai sepeda motor listrik beroda tiga di kota Solo menjadi viral di media sosial. Sepeda motor listrik tersebut ternyata cukup menyita perhatian masyarakat luas karena bentuknya yang unik. Sangat mirip dengan transportasi umum yang ada di Indonesia, yakni bajaj atau bemo. Bedanya bajaj menggunakan bahan bakar solar dan gas, sedangkan sepeda motor satu ini berbahan bakar listrik. Tentu kita semua dibuat penasaran dengan fakta-fakta mengenai motor listrik roda tiga ini.

Fakta Tentang Motor Listrik Roda Tiga

1. Dimensi Sepeda Motor

Berjumpa dengan salah seorang pemilik motor listrik beroda tiga tersebut, namanya Dwi Ari Susanti, seorang ibu rumah tangga yang fotonya menjadi viral di media sosial. Ia menjelaskan bahwa sepeda motor ini dapat memuat 3 orang, yaitu 1 orang pengemudi (driver) dan 2 orang penumpang. Sepeda motor ini memiliki dimensi 200 cm x 100 cm x 160 cm. Sedangkan berat motor listrik beroda tiga ini adalah 100 kg dan tersedia dalam warna silver, merah dan putih. Motor ini menyita perhatian netizen karena dianggap sebagai sepeda motor masa depan yang ramah lingkungan. Selain itu, perawatannya juga mudah.

2. Seperti Bajaj

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, sepeda motor listrik beroda tiga ini memang sangat mirip dengan bajaj. Sepeda motor ini memiliki pintu pada samping kanan dan kiri. Spionnya ada di kanan dan kiri dan dapat dilipat seperti spion pada mobil. Sedangkan kaca depannya sudah dilengkapi dengan wiper. Ada handling pada bagian pintu juga seperti mobil. Namun saat masuk ke kabin interior, setir terlihat seperti sepeda motor matik biasa. Yaitu masih menggunakan “stang” dan ada rem tangan serta rem kakinya juga.

3. Mudah dikendarai

Jangan khawatir, motor listrik roda tiga ini ternyata mengendarainya cukup mudah. Anda hanya tinggal menyetel laju kencang atau laju lambat saja. Motor listrik ini akan melaju seperi layaknya sepeda motor matik, caranya hanya dengan memutar selongsong gas saja dan jika ingin maju atau mundur, ada tombolnya. Meski demikian, mengendarai motor listrik beroda tiga ini juga memerlukan keseimbangan sama seperti mengendarai sepeda motor bebek/matic. Pada bagian pintu, dilengkapi dengan kunci dan menggunakan pengereman cakram, selain itu kursi driver dapat maju atau mundur sesuai dengan kebutuhan.

4. Bahan Bakar dan Daya

motor listrik roda tiga 1

Motor listrik ini memiliki baterai yang ada pada bagian belakang, tepatnya di bawah jok penumpang. Baterai dengan tipe 60V – 20A tersebut terdiri atas 5 buah aki. Aki tersebut juga mudah ditemukan dengan nama aki SLA 12/12 dan memiliki power dynamo 800 watt. Dengan power aki yang sedemikian rupa, motor listrik roda tiga ini jika dipakai setiap hari, usia aki nya dapat mencapai 2 tahun dan harus sering-sering dipakai karena jika terlalu lama tidak digunakan akan membuat aki nya tekor atau drop dan cepat rusak.

5. Pengisian

Untuk mengisi bahan bakar motor listrik roda tiga juga cukup mudah. Anda hanya tinggal men-charger baterainya dalam durasi yang tidak lebih dari 5 jam. Daya yang dibutuhkan untuk meng-charge baterainya kurang lebih 150 watt. Sayangnya sepeda motor ini hanya memiliki kecepatan hingga 35 km/jam saja dengan jarak tempuh mencapai 60 km pada jalanan yang datar. Jika jalan menanjak, jarak tempuhnya tentu kurang dari 60 km, imbuh sang pemilik motor listrik unik ramah lingkungan ini.

Leave a comment

Back to Top