Apakah Usaha Anda Sudah Layak Digunakan Sebagai Bisnis Franchise?

Apakah Usaha Anda Sudah Layak Digunakan Sebagai Bisnis Franchise?

Tips & Trick Tak ada komentar pada Apakah Usaha Anda Sudah Layak Digunakan Sebagai Bisnis Franchise?

Memang tak ada jaminan ketika Anda menjadikan sebuah bisnis, maka hasilnya juga akan memuaskan, banyak orang yang terpaksa harus gulung tikar bahkan hanya dalam waktu beberapa bulan saja ketika mengelola sebuah bisnis. Tak jauh berbeda dibandingkan dengan beberapa orang yang mengalami kebangkrutan karena bisnis atau usaha yang dijalankan tersebut gagal. Namun di satu sisi juga banyak diantaranya yang bahkan bisa membuka cabang dimana-mana, bahkan menawarkan bisnis franchise kepada orang lain dari merk dagang yang dimiliki.

Usaha berbasis waralaba tentunya bukan hal yang baru lagi di telinga Anda bukan, mengingat cukup banyak diantara wirausaha yang juga sukses dalam mengembangkan bisnis yang satu ini kemudian ditularkan kepada pedagang yang lainnya. tak ada yang mustahil ketika Anda menginginkan sebuah bisnis berkembang bahkan ketika mulai dijalankan pertama kali, salah satunya ketika merek yang melekat di usaha tersebut sudah sangat dikenal oleh masyarakat, dengan resiko yang sangat minim tak jarang jika kemudian banyak diantara wirausaha yang lebih tertarik dalam menekuni bidang bisnis yang satu ini.

Bisnis franchise atau waralaba merupakan sebuah sistem dimana pelaku usaha membeli sebuah merk dagang, atau lisensi untuk menjual barang yang serupa, bahkan nantinya akan dibantu dengan management bisnis yang sudah ditetapkan, begitu juga dengan supplier bahan-bahan. Anda sendiri bahkan bisa membuat bisnis yang selama ini sudah dikembangkan menjadi sistem franchise ini, namun agaknya harus ada kriteria khusus, diantaranya adalah.

Kriteria Khusus Dalam Sistem Bisnis Franchise

  1. Ada ciri khas bisnis yang dijalankan tersebut, satu hal yang membuat bisnis berbasis waralaba ini dikenal masyarakat secara luas, memang karena mereka memiliki sebuah ciri khas khusus yang membedakan dengan bisnis atau usaha yang lainnya, hal ini memungkinkan masyarakat bisa dengan mudah mengenali. Dengan adanya ciri khas maka nantinya pemasaran juga bisa berlangsung secara lebih mudah.
  2. Ada bukti keuntungan yang sudah pasti, Anda akan menjual lisensi atau merk dagang yang sudah dimiliki, namun apakah sebenarnya bisnis tersebut sudah layak dikatakan waralaba, salah satunya bisa dibuktikan dari keuntungan yang didapatkan, ada pendapatan pasti yang jumlahnya tinggi, sehingga kemungkinan pelaku usaha lain sukses juga akan semakin tinggi.
  3. Ada standard pelayanan dan juga management secara khusus, franchise tak hanya memberikan nama dagang saja, melainkan lebih dari itu nantinya mereka juga akan mengajari pada pelaku bisnis yang bekerjasama dengan bagaimana cara pelayanan dan juga management terbaik untuk mengelola usaha tersebut. Jadi jika dilihat kreatifitas dari masyarakat sendiri dalam mengelola bisnis sangat dibatasi, tak ada perkembangan, karena semua sudah tersistem dari pusat.
  4. Mudah untuk diajarkan atau diaplikasikan kepada orang lain, selain memiliki pelayanan dan management khusus, maka sebaiknya sebuah bisnis waralaba juga mudah untuk diajarkan, tak membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun agar sebuah usaha tersebut bisa berkembang. Namun langsung memberikan hasil yang nyata.
  5. Dukungan dari beberapa pihak terkait, seperti diantaranya adalah supplier atau pemasok bahan-bahan yang ada dijual nantinya, semua juga harus ada, sehingga mereka yang membeli hak dagang tak kebingungan bagaimana sistem pengoperasiannya, karena keterbatasan supplier.

Baca juga: Bisnis Modal Kecil

Anda bisa membuat usaha yang selama ini dikembangkan menjadi lebih besar, meskipun tak membuka cabang di tempat lain, yaitu dengan sistem bisnis franchise yang ini, berbagi keuntungan dengan orang lain yang juga ingin mengelola sebuah usaha serupa.

Leave a comment

Back to Top