Tips Memulai Usaha yang Menguntungkan di Bidang Properti untuk Pemula

Tips Memulai Usaha yang Menguntungkan di Bidang Properti untuk Pemula

Tips & Trick Tak ada komentar pada Tips Memulai Usaha yang Menguntungkan di Bidang Properti untuk Pemula

Bisnis di bidang properti saat ini menjadi salah satu yang menguntungkan terutama mengenai penjualan hunian dan tanah lapang. Harga dari tanah dan rumah yang meningkat setiap tahunnya ini membuat bisnis inilah yang membuat banyak orang mulai melirik dan mencoba untuk memulai bisnis di bidang properti. Terdapat beberapa tips untuk Anda yang ingin untuk memulai dan membangun usaha yang menguntungkan di bidang properti apalagi dengan modal yang minim.

Tips Memulai Usaha yang Menguntungkan di Bidang Properti

1. Rajin Melihat Iklan

Pertama adalah rajin melihat iklan. Tidak hanya iklan yang ada di media online yang lebih mudah untuk dilihat dan cepat di perbarui namun juga iklan yang terpasang atau ditampilkan di media cetak dan media elektronik seperti di televisi. Dari iklan tersebut, Anda coba untuk menjual rumah atau properti yang ada di iklan tersebut ke orang yang membutuhkannya dengan memasang harga yang sedikit lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan. Hindari mematok harga yang terlalu tinggi karena besar kemungkinan tidak ada orang yang tertarik dan justru tidak sedikit yang akan menganggap penipuan.

2. Menjadi Makelar Rumah

Kedua adalah memulai untuk menjadi makelar rumah. Saat ada orang di sekitar tempat tinggal Anda sedang bingung untuk mencari hunian yang bisa dibeli/disewa, Anda bisa ikut bergabung dengan orang tersebut dan mulai memberikan penawaran. Penawaran tersebut yaitu membantu untuk mencarikan rumah/tanah sesuai dengan permintaan namun tidak ada perjanjian yang mengikat dimana Anda wajib dan harus mendapatkan rumah tersebut. Sehingga nantinya jika Anda tidak bisa mendapatkan rumah atau tanah sesuai dengan yang Anda katakan sebelumnya, Anda tidak rugi. Namun, Anda tetap harus rajin untuk melihat dan mencari rumah atau tanah yang dicari sehingga Anda melakukan dan mendapatkan sebuah usaha yang menguntungkan  dari hal tersebut.

Baca juga: Usaha yang Menjanjikan

3. Berdiskusi Dengan Penjual

Ketiga adalah berdiskusi dengan penjual. Jika Anda sebagai perantara untuk mencarikan rumah yang dibutuhkan oleh pembeli sudah mengetahui ciri rumah apa saja yang diminta oleh pembeli, selanjutnya adalah Anda harus mencari informasi dari penjual. Anda bisa mencari di pameran properti kemudian bertanya langsung mengenai lokasi dan juga keadaan dan kondisi dari rumah tersebut sebelum akhirnya jika cocok mengemukakan hal tersebut ke calon pembeli. Jangan lupa untuk mencari informasi selengkap mungkin termasuk mengetahui titik unggul, misalnya rumah A memiliki taman yang cukup luas atau bentuk rumah yang artistik walaupun mungil, untuk nantinya di utarakan ke pihak calon pembeli.

4. Penawaran

Keempat adalah dengan melakukan penawaran. Sebagai perantara yang bekerja sama langsung dengan penjual, Anda butuh perjanjian hitam di atas putih. Hal tersebut berbeda dengan saat Anda bekerja sama lebih dahulu dengan pembeli walaupun Anda tetap bisa melakukan perjanjian tertulis tersebut sehingga tidak merugikan pihak manapun dan Anda harus bersikap adil dan jujur sebagai modal utama Anda. Baik dengan penjual atau dengan pembeli Anda bisa menentukan berapa jumlah komisi yang bisa Anda dapatkan akan tetapi, hindari untuk menentukan komisi yang terlalu tinggi karena hal tersebut tidak hanya bisa ‘menakuti’ pembeli karena harga rumah yang tinggi namun juga memperberat pihak penjual karena resiko rumah tidak laku akan lebih besar.

tips usaha yang menguntungkan

Tips lainnya untuk memulai usaha yang menguntungkan di bidang properti bagi pemula dengan modal yang minimal adalah:

  • Menggunakan website, sosial media ataupun e-commerce sebagai media untuk beriklan dengan biaya yang lebih hemat namun sasaran pasar lebih mudah dijangkau.
  • Apabila usaha Anda sudah mulai lancar maka bisa memulai untuk membuat merk usaha.
  • Sisihkan keuntungan untuk modal tambahan nantinya.
  • Mencari karyawan yang tepat.

Leave a comment

Back to Top