Inilah Pengertian Biaya Dilihat Dari Banyak Sisi

Inilah Pengertian Biaya Dilihat Dari Banyak Sisi

Manajemen Keuangan Tak ada komentar pada Inilah Pengertian Biaya Dilihat Dari Banyak Sisi

Untuk membeli segala sesuatu hal yang pertama kali yang harus anda perhatikan adalah biaya. Termasuk juga jika ingin membeli rumah, menikah dan lain-lain aspek yang harus diperhatikan pertama kali adalah biaya. Untuk hidup sehari-hari pun kita juga harus memikirkan masalah ketersediaan biaya kita apakah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan kita pada hari ini. Apakah hanya sebatas itu saja biaya? Sebenarnya apa pengertian biaya yang menurut kajian bisnis, dan apa saja jenis biaya yang ada? Oleh karena dasar pertanyaan tersebut penulis memutuskan untuk membedah sedikit mengenai pengertian biaya dan jenis-jenis biaya yang biasa ditemui di dalam istilah manajemen bisnis.

Pengertian Biaya Menurut Ahli

Mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian biaya menurut ahli, biaya merupakan pengorbanan atau pengeluaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan ayau perorangan yang bertujuan untuk memperoleh manfaat lebih dari aktivitas yang dilakukan tersebut menurut pendapat dari Raharjaputra,2009. Di dalam istilah biaya kadang kala cukup merepotkan dalam membedakan antara cost dan expenses. Untuk membedakannya dijelaskan di dalam penjabaran berikut ini. Yang pertama mari kita bahas mengenai cost, cost adalah biaya dalam arti pengorbanan/pengeluaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau individu yang berhubungan langsung dengan output/produk yang dihasilkan oleh perusahaan/perorangan tersebut. Untuk contoh misalnya seperti  bahan baku dan pembantu, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya umum pabrik  (mandor/supervisor pabrik, GM pabrik, BBM, suplai pabrik, dan lain-lain).

Pengertian Biaya didalam Expenses

contoh pengertian biaya

Selanjutnya kita bahas tentang Expenses di dalam pengertian biaya,  expense adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan atau perorangan yang bersifat sebagai aktivitas pendukung saja, sebagai contoh misalnya: biaya umum dan administrasi, dan biaya pemasaran/penjualan, seperti gaji karyawan kantor pusat, biaya telpon/air/gas/ AC kantor pusat, biaya penjualan dan pemasaran, dan lain-lain. Setelah kita mengetahui perbedaan antara Cost dan expense dalam pengertian biaya mari kita lanjutkan ke perilaku biaya. Menurut pendapat ahli yaitu Hansen dan Mowen (2006) menyatakan bahwa perilaku biaya adalah istilah umum yang menggambarkan perubahan biaya ketika tingkat output berubah. Biaya yang tidak berubah ketika output berubah adalah biaya tetap.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran

Biaya Variable

Biaya variabel di sisi lain adalah peningkatan biaya secara total ketika terjadi peningkatan biaya secara total ketika terjadi peningkatan aktivitas output dan penurunan biaya secara total terjadi ketika terjadinya penurunan kegiatan output. Nah sekarang mari kita masuk kepada biaya berdasarkan tujuan pengambilan keputusannya, menurut supriyono, 2011 berdasarkan tujuan pengambilan keputusan manajemen, biaya dapat dilompokkan menjadi 2 yaitu biaya Relevan dan tidak relevan. Yang pertama mari kita bahas mengenai biaya relevan terlebih dahulu. Biaya relevan merupakan biaya yang terjadi pada suatu alternatif tindakan tertentu, tetapi tidak terjadi pada alternatif tindakan lain. Biaya relevan akan mempengaruhi pengambilan keputusan, oleh karena itu biaya relevan harus dipertimbangkan dalam pembuatan keputusan.

Biaya Tidak Relevan

Selanjutnya adalah biaya tidak relevan, ini jenis biaya yang tidak berbeda diantara alternatif tindakan yang ada. Irrelevant cost tidak mempengaruhi pengambilan keputusan dan akan tetap sama jumlahnya tanpa memperhatikan alternative yang dipilih. Oleh karena itu biaya tidak relevan tidak harus dipertimbangkan dalam pembuatan suatu keputusan. Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai pengertian biaya serta jenis-jenis biaya yang ada di dala istilah manajemen bisnis, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda semua, terima kasih.

Leave a comment

Back to Top