Sebelum Memulai Bisnis Kecil Atau Besar, Cobalah Jawab Beberapa Pertanyaan Ini!

Sebelum Memulai Bisnis Kecil Atau Besar, Cobalah Jawab Beberapa Pertanyaan Ini!

Bisnis Keuangan Tak ada komentar pada Sebelum Memulai Bisnis Kecil Atau Besar, Cobalah Jawab Beberapa Pertanyaan Ini!

Belakangan ini perekonomian negara seolah sangat mendukung untuk membuka sebuah bisnis. Bahkan banyak sekali anak muda yang telah sukses menjalankan bisnisnya di usia yang bisa dibilang masih sangat belia. Profesi pebisnis pun kini menjadi idaman semua orang, bahkan yang sudah bekerja sebagai seorang karyawan kantoran sekalipun. Untuk memulainya, biasanya banyak orang cenderung terjun terlebih dulu ke bisnis kecil dan kemudian bergerak terus menjadi bisnis yang besar.

Meski memang tidak semua bisnis mengharuskan modal yang besar karena bisa dimulai dari bisnis kecil, namun tetap saja memulai bisnis adalah sebuah keputusan besar yang harus diambil dalam hidup. Hal ini mengingat dengan memutuskan membuka bisnis, maka Anda juga harus siap untuk menyerahkan seluruh jiwa dan raga dalam mengembangkan bisnis tersebut. Selain itu Anda juga harus mampu bekerja lebih daripada jam kerja biasanya demi bisa mendapatkan pencapaian hasil yang maksimal demi bisnis tersebut.

Namun karena banyak hal dan faktor, kerapkali para pebisnis pemula gulung tikar karena kurangnya ilmu dan juga pengalaman dalam bidang yang dijalani nya tersebut. Meskipun semua persiapan telah dilakukan, namun tantangan tersebut terkadang tidak sepenuhnya bisa diselesaikan. Hal inilah yang kerap membuat calon pebisnis menyerah lebih dulu sebelum bertempur karena khawatir akan masa depannya. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berencana untuk membuka bisnis, maka jawab dulu beberapa pertanyaan berikut ini untuk meyakinkan diri.

Pertanyaan Sebelum Memulai Bisnis Kecilcontoh bisnis kecil

1. Apa motivasi dalam memulai bisnis?

Pertanyaan pertama ini harus bisa Anda jawab dengan menanyakan kepada hati kecil Anda sendiri. Apakah berbisnis memang merupakan passion Anda atau hanya karena gengsi lantaran teman Anda semuanya sudah memiliki bisnis? Motivasi inilah yang kerapkali menjadi alasan utama untuk memulai sebuah bisnis. Oleh karena itu, tanyakan kepada diri Anda tentang motivasi dalam memulai bisnis ini dan jangan sampai salah di awal.

2. Apakah ilmunya sudah cukup?

Pengetahuan dan ilmu dalam berbisnis juga harus Anda miliki. Banyak sekali pemula yang membuka bisnis hanya dengan modal nekat. Beberapa bisa sukses, namun sebagian besar orang mengalami kegagalan karena gulung tikar bahkan hanya beberapa bulan setelah bisnisnya buka. Ilmu yang dimiliki dalam bisnis diantaranya manajemen, strategi pemasaran dan pengaturan keuangan.

3. Apakah sudah tahu seluk beluk bisnis yang akan dijalani?

Selain modal uang, modal pengetahuan terkait seluk beluk bisnis juga harus dimiliki. Untuk pebisnis kuliner, Anda perlu tahu bagaimana cara memasak makanan yang diinginkan orang, patokan harga, stok bahan baku dan lain sebagainya. Berbeda dengan yang akan membuka bisnis bengkel, maka harus tahu ilmu permesinan, jenis spare part yang harus ada, pembelian spare part dan lain sebagainya. Semua hal tersebut haruslah dipertimbangkan secara matang karena bisa menentukan keberhasilan nantinya.

Baca juga: Bisnis yang Menjanjikan

Ketiga pertanyaan tersebut barulah pertanyaan awal yang harus Anda jawab. Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui bagaimana bisnis akan dijalankan dan bagaimana juga untuk menghadapi persaingan. Berbeda dengan bekerja sebagai karyawan yang memiliki jam kerja pasti dengan penghasilan yang tepat waktu setiap bulan, menjadi seorang pengusaha baik bisnis kecil maupun besar, tentu harus mau untuk terus bekerja keras dan memiliki jam kerja yang lebih dibanding pegawai. Meskipun akan ada banyak tantangan yang menghadang nantinya, usahakan untuk terus berusaha dan jangan menyerah sampai berhasil.

Leave a comment

Back to Top