Memulai Bisnis Bekicot Sebagai Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Memulai Bisnis Bekicot Sebagai Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Bisnis Keuangan Tak ada komentar pada Memulai Bisnis Bekicot Sebagai Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Bekicot yang dikenal sebagai binatang yang memiliki kecepatan gerak yang sangat lambat, selalu membawa cangkang sebagai rumah ini dapat dikembangbiakkan dan menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Bisnis rumahan yang menjanjikan ini sudah banyak berkembang di negara seperti di Korea Selatan karena lendir bekicot yang dapat membantu untuk menghaluskan kulit serta menjaga kelembaban kulit.

Manfaat dari bekicot yang dapat Anda jual dari bisnis rumahan yang menjanjikan ini yaitu:

  • Menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal dan kudis.
  • Mempercepat pengeringan dan penyembuhan luka.
  • Meringankan batuk baik batuk berdahak ataupun batuk kering.
  • Mengobati asma, sakit gigi, radang atau pembengkakan selaput mata.
  • Mengurangi gejala penyakit yang berkaitan dengan gangguan jantung.
  • Baik untuk perkembangan otak dan daya ingat
  • Mencegah osteoporosis
  • Mengatasi masalah keputihan dan sakit saat menstruasi
  • Mengurangi penuaan dini dan keriput.

Sebelum Anda memulai budidaya, pastikan jika Anda sudah memiliki bibit bekicot, kapur ataupun pecahan tembok, kompos serta tempat tinggal Anda berada di dataran rendah atau berbukit yang tidak lebih dari 100 mdpl. Langkah pertama adalah buat kandangnya dan pastikan kelembaban suhu sekitar 25-30oC. Terdapat 3 jenis kandang yaitu:

  • Dari kotak kayu tripleks dengan ukuran 1x1x1,25 meter dan pastikan Anda menggunakan kotak kandang tersebut dengan kawat berkontur keras di bagian atas agar bekicot tidak keluar.
  • Kandang semen yang memungkinkan Anda untuk menaruh cacing di dasar kandang agar menjaga kelembaban dan tebal lapisan tanah untuk cacing sekitar 30 meter.
  • Kadang galian tanah dengan kedalaman galian 1x1x1 meter dan sebaiknya buat di tempat yang teduh dan rimbun.

Setelah kandang tersebut siap, jangan lupa untuk menyiapkan bekicot. Ada 2 jenis bekicot untuk bisnis rumahan yang menjanjikan ini yaitu Achatina variegata dan Achatina fulica. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat mencari bibit bekicot tersebut di sekitar rumah Anda. Biasanya bekicot dapat ditemukan di kebun pisang, kebun kelapa, semak belukar terutama saat musim penghujan.

bekicot bisnis rumahan yang menjanjikan

Indukan yang tepat adalah bekicot dengan ukuran 6-7 cm dan berat kurang lebih 70 gr serta memiliki cangkang yang bersih dan kuat. Karena bekicot adalah hewan hermaprodite atau berkelamin ganda, Anda tidak perlu bingung untuk membedakan mana yang jantan dan yang betina. Letakkan indukan di kandang penetasan yang digunakan khusus untuk kawin dan penetasan telur. Isi kandang tersebut dengan 10 pasang bekicot dan sebaiknya pemindahan dari kandang biasa ke kandang penetasan di malam hari.

Telur bekicot nantinya kana menetas dan pembesaran nya dapat dilakukan di kandang khusus untuk anak-anak bekicot yang berusia 7-15 hari. Pembesaran anak bekicot ini dilakukan di kandang khusus agar pertumbuhannya maksimal. Pemindahan ke kandang ini harus dilakukan dengan hati-hati karena cangkang dari anak bekicot yang masih rapih. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman kandang 2x dalam sehari saat pagi dan sore hari untuk menjaga kelembaban suhu kandang.

Bekicot dapat Anda panen jika usianya sudah menginjak 7-10 bulan. Walaupun pemasarannya mungkin agak susah karena di Indonesia belum banyak yang menggunakan bekicot, namun Anda dapat memasarkannya ke rumah makan yang menawarkan daging bekicot. Pengiriman bekicot dari bisnis rumahan yang menjanjikan ini dengan cara menempatkan bekicot ke keranjang atau langsung di tempatkan di bak truk yang sebelumnya sudah dilapisi dengan pelindung. Sebelum pengolahan, misalnya Anda buat menjadi sate bekicot, sebaiknya bekicot selama 2 hari tidak diberi makan terlebih dahulu agar kotorannya keluar.

Leave a comment

Back to Top