Usaha Tanpa Modal: Manfaatkan Gadget Anda untuk Meraih Keuntungan!

Usaha Tanpa Modal: Manfaatkan Gadget Anda untuk Meraih Keuntungan!

Tips & Trick Tak ada komentar pada Usaha Tanpa Modal: Manfaatkan Gadget Anda untuk Meraih Keuntungan!

Menjadi wirausahawan atau karyawan, bekerja atau menganggur, semuanya tergantung diri kita masing-masing, ingin menjadi apakah kita. Akan tetapi, karena setiap orang mempunyai kebutuhannya masing-masing, maka sudah sepantasnya kita bekerja untuk dapat memenuhinya. Lantas, dengan apa kita bisa mendapatkan uang selain menjadi karyawan jika kita tidak memiliki modal? Mungkinkah memulai usaha tanpa modal?

Di tengah gempuran roda perekonomian bangsa yang kian lama kian menantang, setiap orang dituntut untuk menjadi aktif dan kreatif agar tidak kalah bersaing. Krisis moneter (krismon) yang terjadi di akhir tahun 1990’an membuat pembangunan perekonomian Indonesia kacau dan hal ini menyebabkan angka pengangguran kian meningkat. Sehingga pemerintah bekerja keras untuk membangun kembali perekonomian Indonesia saat ini dengan berbagai cara. Mulai dari kesejahteraan sektor industri, membuka lapangan kerja baru melalui pembangunan infrastruktur negara, hingga memberi pelatihan kewirausahaan.

Namun yang seringkali menjadi kendala adalah untuk bekerja di sebuah perusahaan sekarang ini, tak hanya diperlukan riwayat pendidikan yang baik, keterampilan dan kemauan untuk bekerja keras, namun juga keberuntungan. Bagaimana tidak, untuk bisa diterima bekerja di sebuah perusahaan baik perusahaan swasta maupun perusahaan negeri seperti BUMD dan BUMN, kita harus bersaing dengan beberapa hingga ribuan orang agar bisa direkrut menjadi karyawan. Meski demikian, bukan berarti kita harus putus asa dan kembali menjadi pengangguran. Anggap saja bukan rejeki kita di bidang itu, artinya kita harus berusaha mencari alternatif lain misalnya membuka usaha atau menjadi wirausahawan. Usaha pun memerlukan tekad yang kuat dan kerja keras untuk bisa menjadi sukses di samping modal yang cukup untuk memulai usaha tanpa modal yang kita inginkan. Lantas bagaimana cara memulai usaha tanpa modal? Manfaatkan saja gadget Anda; handphonelaptop atau komputer.

  1. Menjadi business blogger atau youtuber

Mempunyai komputer dan koneksi internet di rumah tentu akan sangat sia-sia jika kita tidak memanfaatkannya dengan baik, padahal apapun bisa kita lakukan dengan kedua hal ini, termasuk mencari uang. Buatlah sebuah blog dari berbagai situs penyedia layanan blog, lalu tulislah berbagai artikel menarik dan bermanfaat sehingga orang tertarik untuk mengunjungi blog Anda. Lantas darimana uang didapat? Gunakan space iklan, affiliategoogle adsense dan advertisement lainnya. Atau buatlah video-video lucu dan unik lalu unggah ke youtube. Semakin banyak viewers dan likers, maka pundi-pundi uang akan mengalir ke rekening Anda. Sudah banyak yang mencoba kedua cara ini, bahkan ada yang hanya menjadi blogger dan youtuber namun penghasilannya mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, bahkan peluang usaha lain seperti ditawari bekerja di perusahaan besar atau menjadi pemain film bukanlah hal yang tidak mungkin. Menarik, bukan?

  1. Menjadi reseller atau dropshipper

Berkembangnya dunia online shop saat ini bukan hanya bisa membuka peluang bagi si pengusahanya saja, tapi juga orang lain di sekitar kita. Salah satunya dengan menjadi reseller atau dropshipper. Bedanya adalah jika menjadi reseller, Anda harus mempunyai barangnya terlebih dahulu, jika menjadi dropshipper, Anda tidak perlu memiliki barang milik online shopnya, Anda cukup mencarikan pembeli dan melayani pertanyaan serta mencatat pesanannya. Anda bisa memperoleh keuntungan dengan menaikkan harga barang.

  1. Bukalah jasa online

Jika Anda mempunyai keterampilan seperti desain grafis, desain web, menulis artikel, atau SEO, buatlah iklan di situs-situs jual beli maupun sosial media Anda untuk mempromosikan keahlian Anda. Ini merupakan alternatif yang sangat baik untuk membuka usaha tanpa modal. Cukup dengan memanfaatkan gadget Anda saja.

Leave a comment

Back to Top