Bisnis Sampingan yang Berasal dari Hobi

Bisnis Sampingan yang Berasal dari Hobi

Bisnis Keuangan Tak ada komentar pada Bisnis Sampingan yang Berasal dari Hobi

Hobi merupakan sesuatu hal yang disukai dan dilakukan setiap hari atau sering dilakukan. Namun, berawal dari hobi, Anda dapat memanfaatkannya sebagai bisnis sampingan yang cukup menjanjikan. Usaha sampingan tersebut dapat Anda lakukan diluar jam pekerjaan utama Anda misalnya jika Anda merupakan seorang karyawan, maka Anda dapat menjalankan usaha sampingan tersebut saat Anda pulang kerja atau waktu luang.

Pertama adalah dengan membuka les musik. Tidak sedikit masyarakat yang ada di Indonesia yang menguasai beberapa alat musik dan baik secara sadar atau tidak sadar, hobi bermain musik misalnya nge-band dapat Anda jadikan lahan pekerjaan. Anda dapat memberikan les untuk bermain alat musik seperti gitar, piano, biola atau jenis alat musik tradisional seperti gamelan kepada tetangga Anda atau orang yang membutuhkan jasa Anda. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan skill Anda secara tidak langsung namun juga dapat menerima penghasilan dari jasa les alat musik yang diberikan.

Kedua adalah menulis. Banyak masyarakat yang ada di Indonesia terutama wanita yang memiliki hobi menulis. Dari hobi menulis yang Anda miliki, Anda dapat memberikan tulisan seperti artikel Anda kepada orang yang membutuhkannya, yaitu orang yang memiliki sebuah website atau situs tertentu. Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa yang baik, terutama bahasa asing seperti Inggris, Jepang, Korea, Anda dapat menjadi seorang translator bahkan editor yang saat ini banyak dibutuhkan misalnya untuk menerjemahkan sebuah program reality show dari negara lain.

Ketiga adalah hobi memasak. Jika Anda hobi memasak, misalnya membuat roti, Anda dapat mencoba untuk membuat roti dan menjualnya di saat weekends atau saat Anda memiliki waktu luang. Karena membutuhkan waktu yang bervariasi dan dapat menghabiskan cukup lama untuk membuat kue, Anda harus membuatnya secara konstan namun tidak memberatkan Anda misalnya Anda hanya membuatnya untuk dijual di car free day atau saat sore hari.

Jenis hobi lainnya yang dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan yang cukup menjanjikan yaitu:

  • Membuat design. Saat ini banyak anak muda yang lebih menyukai menggambar, design. Dari hobi tersebut Anda dapat menjadi pemberi design bagi produsen kaos, membuka jasa pembuatan logo, membuat usaha mural yang tidak hanya dapat berguna untuk eksterior namun juga interior.

  • Bermain roller blade. Saat ini roller blade kembali menjadi tren tidak hanya bagi kaum muda namun juga anak-anak. Jika Anda bersama dengan komunitas roller blade Anda memiliki stock roller blade yang cukup banyak, Anda dapat menyewakannya saat acara atau event tertentu misalnya di car free day. Dengan cara ini, Anda tidak hanya akan mengajarkan kepada customer Anda untuk bermain roller blade, memperkenalkannya secara luas namun juga mendapatkan keuntungan.

Leave a comment

Back to Top