Tips Menyambut Idul Fitri 2016

Tips Menyambut Idul Fitri 2016

Manajemen Keuangan Tak ada komentar pada Tips Menyambut Idul Fitri 2016

Tak terasa waktu berlalu begitu cepat. Hari raya idul fitri 2016 sudah semakin dekat. Berbagai persiapan harus dilakukan untuk menyambut hari lebaran. Mulai dari persiapan mental, fisik, materi dan lainnya harus dilakukan sehingga perayaan hari lebaran semakin berkesan. Selain itu, nilai-nilai keagamaan dan tujuan dalam hari raya yang suci tersebut juga dapat dirasakan sehingga berbagai persiapan perlu dilakukan dalam menyambut datangnya hari raya lebaran. Berikut ini tips menyambut hari raya idul fitri yang perlu dilakukan untuk meraih ridha Allah SWT, yaitu:

idul fitri

idul fitri

  • Tingkatkan ibadah.

Melakukan ibadah dengan giat menjelang datangnya hari raya lebaran atau idul fitri sangatlah penting dan harus diniatkan sejak awal. Meningkatkan ibadah puasa, shalat, zakat dan lain sebagainya harus dilakukan dengan baik sebagai suatu tuntutan atau kewajiban umat islam. Sebab, hari raya lebaran merupakan hari di mana umat muslim kembali suci seperti halnya bayi yang baru lahir dan belum mengenal dosa. Karena itulah melakukan serangkaian ibadah yang wajib maupun sunnah harus diterapkan dalam memanfaatkan kesempatan dan waktu yang tersedia.

  • Perbanyak sedekah.

Dalam menyambut hari raya idul fitri 2016, melakukan sedekah sebanyak-banyaknya juga tidak kalah penting untuk menyempurnakan ibadah yang telah dijalankan. Memberikan sedekah berupa uang, pakaian ataupun makanan dapat dilakukan untuk membagi kebahagiaan dengan saudara-saudara yang membutuhkan. Selain itu, membagikan sajian buka puasa secara gratis juga menjadi salah satu contoh sedekah yang bisa dilakukan untuk memupuk kebaikan dan mensucikan harta di bulan puasa sebelum hari lebaran tiba. Harus diketahui bahwa sedekah memiliki banyak manfaat bagi siapapun yang melakukannya.

  • Saling memaafkan dan jaga tali persaudaraan.

Saling memaafkan untuk mensucikan hati dalam menyambut hari lebaran perlu dilakukan agar rangkaian ibadah selama bulan puasa semakin sempurna. Meminta maaf dan saling memaafkan keluarga, saudara, tetangga, kerabat dan lainnya harus dilakukan demi menjaga tali persaudaraan. Selain itu, bersilaturahmi dan berkunjung juga perlu direncanakan untuk menyambut hari lebaran sehingga suasana momen lebaran yang indah semakin terasa. Persiapkanlah kebutuhan silaturahmi dari satu tempat ke tempat lainnya ketika lebaran untuk mempererat hubungan persaudaraan dan kekeluargaan.

hari raya idul fitri

hari raya idul fitri

Itulah berbagai persiapan dalam menyambut datangnya hari raya idul fitri 2016 yang sudah semakin dekat. Menyambut hari raya lebaran harus dilakukan dengan penuh antusias dalam menghadapi lembar kehidupan baru yang lebih baik dengan niat ibadah untuk mendapatkan ridha-Nya. Menjalankan kewajiban ibadah, berbagi, bersedekah, membuka pintu maaf dan saling memaafkan menjadi suatu hal penting yang harus ditanamkan dalam hati ketika menyambut hari lebaran. Selain itu, kebaikan yang ditanam selama bulan puasa juga harus dilanjutkan agar mendapat pahala dan berkah yang berlipat ganda.

Leave a comment

Back to Top