Pinjaman Uang Adalah Solusi Keuangan Terkini

Pinjaman Uang Adalah Solusi Keuangan Terkini

Kredit Pinjaman Tak ada komentar pada Pinjaman Uang Adalah Solusi Keuangan Terkini
Salah satu momok yang menakutkan ketika akan mengajukan pinjaman di saat Anda terdesak kebutuhan finansial adalah soal bunga kreditnya. Bukan rahasia lagi bahwa banyak lembaga keuangan dan bahkan bank sekalipun sering mencari celah untuk membebankan bunga yang sebesar-besarnya ke nasabah mereka yang meminjam. Bahkan bukan tak mungkin bunga bisa sampai puluhan persen. Nah, Anda yang sedang membutuhkan kredit akan memerlukan strategi untuk mencari pinjaman berbunga rendah, di antaranya dengan pinjaman uang.
Beberapa lembaga keuangan seperti Uang Teman misalnya, memberikan promo tersebut di bulan-bulan tertentu untuk membantu Anda yang sedang membutuhkan dana tambahan. Jadi di bulan April ini misalnya, Anda yang butuh dana sekitar Rp2 juta bisa meminjam dengan bunga yang lebih rendah daripada biasanya. Jadi Anda pun lebih merasa ringan dan tak terbebani ketika melunasinya.
Tentu saja, hal ini bisa dilakukan Uang Teman karena lembaga kredit ini memang melayani pinjaman berjangka pendek, di mana Anda harus melunasi hutang maksimal dalam 30 hari, dan dana yang bisa dipinjam juga terbatas. Tapi sebenarnya taktik semacam ini, yaitu pinjaman uang, juga sering dilakukan di lembaga-lembaga keuangan lain, termasuk juga di bank. Hanya saja packaging dari promo tersebut mungkin berbeda. Tapi intinya adalah, Anda yang meminjam akan diberikan fasilitas di mana bunga menjadi lebih rendah.
Tapi promo semacam itu tak hanya dimiliki oleh Uang Teman saja, dan juga bukan satu-satunya strategi untuk dapat bunga rendah. Berikut adalah beberapa taktik yang bisa Anda lakukan:

1. Pantau terus suku bunga kredit dari BI

Terus awasi naik-turunnya suku bunga BI. Ketika suku bunga sampai di taraf rendah, atau di posisi di mana Anda merasa mampu untuk mengangsurnya, Anda ambil kredit baru.

2. Lakukan saat akan tutup tahun

Saat tutup tahun, bank dan lembaga keuangan akan berlomba menurunkan suku bunga pinjaman mereka, mirip promo untuk peminjaman dana. Di sini, Anda akan ditawarkan suku bunga terendah yang bisa diberikan bank dan lembaga leasing. Bahkan jangka waktu promo ini bisa sampai 5 tahun.

3. Meminjam di tempat Anda pernah jadi nasabah

Ketika Anda meminjam bank di tempat Anda menabung, proses peminjaman akan diperlancar, dan Anda juga bisa ditawari diskon untuk suku bunga. Hal ini pun berlaku untuk lembaga pembiayaan non-bank. Uang Teman misalnya, memberikan suku bunga yang terus menurun ketika Anda meminjam hingga dua-tiga kali.

4. Bandingkan antar tawaran kredit

Tak ada salahnya melihat apakah di tempat lain ada opsi kredit yang lebih rendah bunganya dan menguntungkan Anda dalam soal pembayaran.
Satu hal yang pasti harus Anda lakukan agar bisa sukses mendapatkan pinjaman yang berbunga rendah adalah:
  • Rajin-rajinlah bertanya, terutama ketika ada yang Anda tak mengerti. Ini akan mencegah Anda mengambil keputusan yang tak tepat.
  • Pastikan semua hutang Anda sebelumnya sudah beres, sehingga Anda terlihat meyakinkan bagi kreditur. Ini akan mencegah mereka memberikan bunga tinggi pada Anda lantaran berjaga-jaga jika Anda menunggak.
  • Ketika Anda sudah terlanjur mendapatkan pinjaman yang bunganya tinggi, Anda bisa melakukan negosiasi untuk menurunkan suku bunga.
Manfaatkan semua cara di atas, termasuk juga pinjaman uang yang diberikan oleh lembaga-lembaga keuangan dan bank, dan Anda tak akan perlu membayar suku bunga tinggi yang bisa membuat nyali menjadi ciut. Cara ini juga akan membantu Anda mendapatkan riwayat kredit yang sehat, karena Anda akan lebih mudah dalam melunasinya.

Leave a comment

Back to Top