Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Investasi Tak ada komentar pada Tips Investasi Saham Bagi Pemula
Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Melakukan investasi saham sebenarnya merupakan sebuah investasi yang menguntungkan. Bahkan hasil yag didapatkan cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan investasi emas. Beberapa diantara anda mungkin saat ini ada yang sudah mengambil langkah untuk membuka rekening saham pada salah satu sekuritas. Akan tetapi jika anda masih merasa bingung untuk menemukan cara terbaik dalam berinvestasi. Maka beberapa tips dibawah ini akan membantu anda sebagai seorang investor saham pemula.

Memulai dengan modal standar

Jika anda belum benar-benar mengenal pasar saham, maka akan lebih baik jika anda memulai bisnis ini dengan modal yang standar atau minimal terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar anda tidak salah langkah, pasalnya kerugian yang akan anda derita jika salah dalam bertindak tentunya sangat besar. Sementara tujuan lainnya yaitu sebagai bahan belajar. Anda sangat perlu membiasakan diri terhadap software yang digunakan dalam jual beli saham, menganalisis saham dan masih banyak lagi. Dimana semua proses tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selanjutnya jika anda sudah benar-benar merasa mantap, anda tinggal menambah modal investasi anda.

Beli saham dengan fundamental baik

Ciri-ciri dari perusahaan yang memiliki investasi saham berfundamental baik adalah perusahaan yang sudah dikenal oleh publik, memiliki usaha yang sudah jelas, tidak banyak hutang, produk yang dimilikinya laku di pasaran, memiliki manajemen transparan dan masih banyak lagi. pasar saham yang terkoreksi dengan baik akan membuat saham berfundamental baik juga mengalami kenaikan yang lebih cepat. Jangan sampai anda tergiur untuk membeli saham yang memiliki pergerakan harga tidak jelas.

Lakukan diversifikasi serta analisa

Anda perlu membeli beberapa jenis saham guna membagi resiko. Dengan memiliki banyak saham akan membuat anda memiliki resiko yang cenderung lebih kecil. Karena ketika satu saham berkinerja turun, maka anda masih memiliki saham lain yang mungki akan naik. Selain itu, anda juga perlu mengetahui analisisi saham guna menentukan keputusan jual maupun pembelian saham. Analisis yang dapat anda lakukan yaitu Analisis Teknikal serta Analisis Fundamental. Selanjutnya anda juga perlu melakukan analisa portofolio secara berkala.

Fokus terhadap hasil jangka panjang

Menjalani bisnis investasi saham sangat perlu memahami bahwa pasar saham memang sangat beresiko dalam jangka yang pendek dikarenakan adanya fluktuatif. Akan tetapi, akan lebih aman jika anda menggunakannya untuk jangka panjang. Semakin lama anda berinvesatasi maka akan semakin besar juga tingkat keuuntungan yang akan anda dapatkan.

Berdasarkan sejarah dari pasar saham yang ada, sudah terbukti bahwa ketika investor melakukan investasi jangka panjang maka peluang untuk dapat memperoleh return sebesar 12,9%, sesuai denngan ketetapan atau perhitungan imbal hasil yang sedang berlaku ketika anda melakukan investasi.

 

Leave a comment

Back to Top