Pengertian dan Macam Waralaba Murah

Bisnis Keuangan Tak ada komentar pada Pengertian dan Macam Waralaba Murah
waralaba

Pengertian dan Macam Waralaba Murah

Waralaba atau franchise merupakan kerjasama bisnis dari beberapa pemilik atau pelaku usaha dengan pembagian hasil yang sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama. Tujuan dari waralaba ini adalah mendapatkan keuntungan yang lebih untuk masing-masing pihak. Pelaku bisnis dapat melakukan waralaba murah yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Ketentuan dan tata cara pelaksanaan pendaftaran usaha waralaba diatur dalam Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan yaitu No.259/MPR/Kep/7/1997.

Keuntungan dari dilakukannya waralaba diantaranya yaitu:

  • Manajemen bisnis telah dibangun karena bisnis waralaba memberikan keuntungan bisnis dibawah partner bisnis yang telah memiliki reputasi dan managemen yang baik.
  • Sudah dikenal oleh masyarakat yang memungkinkan pemangkasan biaya dan tenaga untuk membangun bisnis dibandingkan membangun bisnis baru sendiri.
  • Pengaturan finansial lebih mudah karena pengaturan telah ditetapkan oleh pemilik bisnis waralaba yang utama atau lebih besar.
  • Kerjasama terbangun.
  • Dukungan dan keamanan lebih kuat.

Keuntungan yang didapatkan dari bisnis waralaba murah memang didapatkan, namun untuk keuntungan besar, tidak semua bisnis mengalami hal tersebut. Biaya yang harus dikeluarkan oleh pembeli waralaba ke pemilik waralaba akan dipotong dari keuntungan yang didapat. Dengan kata lain, pembagian keuntungan yang didapat oleh pemilik bisnis yang lebih besar, mendapatkan bagian yang lebih besar pula. Sebaiknya memilih waralaba yang mudah untuk dijalankan sehingga memudahkan dalam penanganannya. Pemilihan lokasi yang strategis juga menentukan dalam mengembangkan bisnis waralaba.

Selain itu sebaiknya memilih waralaba yang memiliki produk harga yang terjangkau dan sesuai dengan kualitas barang yang dimiliki sehingga sebisa mungkin dapat mengurangi biaya dan dapat dijangkau oleh konsumen. Memilih waralaba yang memberikan pelayanan yang baik juga dapat membantu dalam membangun suatu usaha menjadi lebih baik dan untuk menjaga kenyamanan dan kepercayaan pelanggan.

Waralaba pada praktek pelaksanaannya dibagi menjadi beberapa tipe. Satu, trade name franchising yang memungkinkan penerima waralaba mendapatkan hak untuk memproduksi. Kedua, product distribution franchising adalah penerima waralaba mendapatkan hak untuk melakukan distribusi di wilayah tertentu. Ketiga, pure franchising yang memungkinkan penerima waralaba atau franchisee memperoleh hak sepenuhnya dari pemberi waralaba yaitu mulai dari trademark hingga pengendalian kualitas. Misalnya adalah waralaba restoran, pendidikan, fast food.

Beberapa macam bisnis waralaba murah diantaranya yaitu:

  • Waralaba makanan dan minuman memiliki potensi yang paling besar namun juga yang paling banyak memiliki saingan. Sebaiknya memilih waralaba yang memiliki keunikan tersendiri sehingga mampu untuk bersaing dengan waralaba kuliner lainnya.
  • Waralaba laundry dan jasa kebersihan terutama di daerah perumahan, kampus.
  • Waralaba bidang kesehatan dan kecantikan misalnya dengan cara membangun sebuah tempat yang menyediakan tempat untuk fitnes atau yoga dengan salon kecantikan atau spa.
  • Bisnis waralaba bidang pendidikan dan pelatihan.

Leave a comment

Back to Top