Ide Bisnis UKM yang Menguntungkan

Bisnis Keuangan Tak ada komentar pada Ide Bisnis UKM yang Menguntungkan
bisnis ukm

Bisnis UKM (Usaha Kecil dan Menengah) sekarang ini semakin banyak menjamur.

Bisnis UKM (Usaha Kecil dan Menengah) sekarang ini semakin banyak menjamur. Ini pertanda bagus, karena UKM merupakan salah satu sektor yang tidak terpengaruh krisis ekonomi global, seperti terjadi di tahun 1998. Dengan adanya UKM juga, lapangan pekerjaan bagi masyarakat kalangan bawah menjadi semakin banyak, dan membantu dalam mengatasi banyaknya pengangguran.

Apakah Anda juga tertarik terjun ke sini? Ada banyak alasan kenapa ini bisa menguntungkan bagi Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Fleksibilitas

Bekerja dengan waktu sendiri, dengan target serta strategi dibuat sendiri. Mudah pula menyesuaikan saat pasar berubah.

  1. Berinovasi

Anda bebas membuat inovasi baru yang unik.

  1. Membuat lapangan kerja

Seperti telah disebutkan di atas, Anda membuka lapangan kerja baru bagi orang-orang sekitar.

  1. Meraih keuntungan

Inilah yang menjadi target utama banyak orang. Usaha mempunyai potensi untuk meraup keuntungan, jika Anda mengurusnya dengan baik tentunya.

  1. Hubungan interpersonal

Anda akan sering berhubungan dengan orang lain. Pekerja, pelanggan, pebisnis lain, dan supplier. Komunikasi dan pertemanan meningkat.

 

Masih banyak yang bisa Anda dapatkan dari bisnis UKM, tetapi kelima hal tersebut adalah hal yang paling sering muncul. Sekarang, UKM seperti apa yang Anda inginkan? Ada beberapa yang bisa menjadi ide, seperti:

 

  • Bisnis di bidang aksesoris

Anda sering membuat aksesoris-aksesoris kecil? Kenapa tidak memasarkannya? Ada banyak bidang aksesoris yang bisa Anda lakukan seperti aksesoris untuk remaja, souvenir untuk pernikahan atau pesta, gantungan handphone, dll.

  • Bisnis makanan

Kuliner akan selalu menjadi bidang yang subur untuk usaha. Ada banyak yang bisa dilakukan, seperti membuat makanan ringan, kue ulang tahun, cake untuk diabetes, nasi bakar, makanan obat, dll.

  • Bisnis teknologi

Apakah Anda mempunyai pengetahuan di bidang komputer atau handphone? Anda bisa menawarkan jasa untuk memperbaiki dan mengantarkan, instalasi program, dll.

  • Bidang kreatif

Contohnya adalah desain grafis, desain kaus, mendesain sepatu, kaligrafi, desain interior, dll.

 

Salah satu ide lain yang banyak diminati orang adalah di bidang jasa. Contohnya adalah:

 

  • Jasa rental dan ketik

Terutama di kalangan kampus dan perkantoran, Anda akan sering menemukan klien.

  • Jasa cuci mobil

Siapa yang tidak ingin mobilnya berkilau bersih?

  • Kurir

Anda bisa mulai dari mengirim barang atau paket dari tempat-tempat yang dekat dengan Anda.

  • Studio foto

Memfoto dan cetak untuk keperluan resmi, selfie, keluarga, wisuda, dll.

 

Begitu dilihat, ternyata ada banyak sekali ide-ide untuk bisnis UKM yang tersedia. Jika Anda ingin memulainya, tentunya Anda harus tahu terlebih dahulu, mana yang Anda inginkan, dan dimana kekuatan Anda. Menyukai bidang yang akan Anda bisniskan akan membuat usaha menjadi lebih menyenangkan. Tentu saja, Anda juga harus banyak belajar dan mempunyai mental baja, karena pasti akan ada halangan yang Anda hadapi.

Leave a comment

Back to Top