Beragam Cara Memperoleh Modal Usaha

Bisnis Keuangan Tak ada komentar pada Beragam Cara Memperoleh Modal Usaha
modal-usaha

Beragam Cara Memperoleh Modal Usaha

Usaha memang suatu hal yang dilakukan oleh beberapa orang yang menginginkan tambahan dana untuk menopang kehidupan dengan kebutuhan yang semakin lama menjadi semakin kompleks dan beragam. Beberapa usaha pun dapat menjadi pilihan seperti bisnis kos-kosan, bisnis kuliner, bisinis souvenir dan bahkan bisnis kreatifitas. Tetapi yang selalu menjadi alasan klasik bagi masyarakat adalah selalu saja mengenai kekurangan atau juga tidak adanya modal usaha.

Padahal sebenarnya jika membahas mengenai modal, tidak sedikit pula para pengusaha sukses yang hanya mempunyai modal sedikit untuk memulai usaha kecilnya. Ada pula yang mengharuskan pengusaha tersebut untuk meminjam sejumlah dana kepada bank atau jasa keuangan lainnya agar dapat mendirikan sesuatu usaha.

Tetapi yang perlu dan memang wajib untuk digaris bawahi adalah bahwa sebelum meminjam sejumlah dana memang untuk memulai usaha, Anda memang wajib untuk mempunyai planning yang jelas dalam mempergunakan uang tersebut. Jangan sampai justru dana untuk modal karena tidak siap perencanaannya maka uang tersebut justru terpakai untuk beberapa hal dengan sifat kebutuhan dan unsur pribadi.

Bagi Anda yang telah memiliki konsep mengenai usaha apa yang akan dibuat dan tentu saja konsep yang dimiliki jelas, maka berikut ini adalah beberapa cara untuk memperoleh modal usaha:

  1. Dengan cara memperoleh dana dari perusahaan atau juga dari pemerintah dengan cara mengajukan proposal. Cara ini cukup efektif dalam rangka memperoleh dana untuk melanjutkan atau juga memulai usaha. Karena terdapat tidak sedikit dari perusahaan atau juga pemerintah yang memiliki program pembagian dana usaha sebagai agenda tahunannya.
  2. Mencari orang ketiga untuk dapat diajak kerjasama merupakan salah satu cara yang juga dapat lumayan membantu. Tentu saja kembali lagi pada konsep atau ide usaha Anda apakah menarik bagi mereka atau tidak. Dengan kata lain Anda menjalankan usaha dengan modal dari orang lain dan membagi hasil dari usaha tersebut dua orang dengan kesepakatan yang disetujui berdua.

Jika pada paragraph di atas membahas bagaimana memperoleh modal untuk melakukan usaha disertai dengan tanda kutip penjualan ide dalam bentuk proposal, maka yang akan dibahas di sini adalah bagaimana cara memperoleh modal jika Anda belum mengetahui atau tidak bisa membuat sesuatu dalam bentuk serinci proposal yaitu sebagai berikut:

  • Mengajukan pinjaman langsung ke bank atau beberapa koperasi jika Anda memang kesulitan untuk meminjam dana ke bank.
  • Mengikuti beberapa lembaga non formal mengenai pemberdayaan keluarga.
  • Meminjam dana kepada orang atau saudara yang dapat percaya kepada Anda.

Setelah mengetahui beberapa cara mudah untuk mendapatkan dana sebagai modal usaha di atas apakah membantu dalam memperlancar kegiatan usaha yang akan Anda jalankan? Beberapa contoh di atas hanyalah salah satu cara kecil yang paling bisa dilakukan, namun semua itu dapat dipermudah jika Anda senantiasa meminta kemudahan pada Yang Maha Kuasa.

Leave a comment

Back to Top