Anda Pengusaha Kecil yang Butuh Modal? Ajukan Pinjaman KUR!

Uncategorized Tak ada komentar pada Anda Pengusaha Kecil yang Butuh Modal? Ajukan Pinjaman KUR!
PINJAMAN KUR

Anda Pengusaha Kecil yang Butuh Modal? Ajukan Pinjaman KUR!

Apakah Anda adalah seorang pengusaha kecil? Jika iya, maka Anda tentunya sering merasa ada saat-saat tertentu di mana Anda membutuhkan dana atau modal yang terkadang melebihi simpanan yang Anda miliki. Jika hal itu yang sering Anda rasakan, maka Anda wajib untuk tahu tentang pinjaman yang satu ini. Pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) bisa menjadi solusi untuk masalah dalam pembiayaan usaha kecil milik Anda.

Apa itu Kredit Usaha Rakyat? Kredit ini merupakan salah satu cara dari pemerintah untuk mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sehingga lebih bisa berkembang dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Pinjaman bisa mencapai Rp500.000.000,00, dan bentuknya adalah dengan memberikan modal berupa modal kerja dan juga investasi, yang sekaligus didukung dengan fasilitas penjaminan demi usaha yang produktif. Tujuannya adalah:

  • Mengembangkan Sektor Riil dan memberdayakan UKM serta Koperasi.
  • Meningkatkan akses pembiayaan dan mengembangkan UMKM dan Koperasi pada lembaga-lembaga keuangan.
  • Mengentaskan kemiskinan dan menambah lapangan kerja.

Pinjaman KUR ini tentu tidak langsung bisa diterima oleh sembarang pengusaha kecil. Bagaimana pun juga ada pertimbangan yang harus dilakukan jika UKM hendak mengajukan pinjaman tersebut. Syarat umum agar usaha Anda bisa mendapatkan pinjaman ini adalah:

  1. Tidak sedang dalam proses menerima kredit dari bank atau leasing dan juga tidak sedang mendapatkan program kredit dari pemerintah.
  2. Namun bila kredit tersebut bersifat konsumtif (seperti KPR, kredit kendaraan, kartu kredit, dan lain-lain yang konsumtif), maka pengusaha tetap bisa menerima pinjaman ini.
  3. Bila UKM masih tercatat dalam Sistem Informasi Debitur bank, namun pinjamannya sudah lunas, perlu adanya Surat Keterangan Lunas dari bank yang diajukan kredit.
  4. Bila usaha tersebut berbentuk mikro (kekayaan bersih Rp50.000.000,00, penjualan tahunan maksimal Rp300.000.000,00), maka tidak perlu dicek Sistem Informasi Debitur.
  5. Yang bisa memutuskan apakah UKM layak untuk diberikan pinjaman atau tidak adalah bank yang melaksanakannya.

Bila usaha yang Anda jalankan sudah memenuhi syarat umum di atas, maka Anda bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat ini kepada bank pilihan Anda. Jika Anda sudah memutuskannya, maka persiapkan dokumen berikut ini agar proses lebih lancar:

  • Identitas diri (KTP, SIM, Kartu Keluarga, dll).
  • Akta pendirian atau akta perubahan yang membuktikan legalitas usaha.
  • Surat izin usaha seperti SIUP, TDP, SK Domisili, dll.
  • Laporan keuangan usaha atau catatan pembukuan.
  • Salinan bukti jaminan.

Harap diperhatikan bahwa pinjaman KUR sifatnya kredit dan bukan hibah. Karena itu, bagaimana pun juga, pengusaha mempunyai kewajiban untuk mengembalikan dana yang telah dipinjamnya tersebut kepada bank yang memberikan kredit. Untuk prosedur lebih lengkap dan rincinya, Anda bisa melihat lebih lanjut ke website milik bank yang telah Anda pilih dan syarat-syarat tambahan yang dikenakan.

Leave a comment

Back to Top