Apa Saja Persyaratan Kredit Usaha Rakyat?

Kredit Pinjaman, Perbankan Tak ada komentar pada Apa Saja Persyaratan Kredit Usaha Rakyat?

UMKM adalah program yang dibentuk pemerintah sesuai dengan undang-undang nomor 20 tahun 2008. UMKM sendiri memiliki pengertian sendiri yakni usaha produktif yang dimiliki seseorang atau lembaga yang memenuhi kriteria dari undan-undang ini. UMKM sendiri dibedakan menjadi tiga jenis usaha. Pertama usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah. Hadirnya program pemerintah ini juga diikuti dengan program penyediaan modal dari pemerintah yang biasanya disebut kredit usaha rakyat. Lalu apakah kredit usaha rakyat tersebut dan apa sajakah persyaratan kredit usaha rakyat ini?

KUR adalah kredit usaha rakyat yang disediakan oleh pemerintah dan berguna untuk meminjamkan modal kepada para pengusaha kecil. Dengan adanya pinjaman modal ini, diharapkan para pengusaha kecil lebih mengembangkan usahanya. Biarpun ini kredit usaha rakyat disediakan oleh pemerintah tetap saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk memperolehnya. Apa sajakah persyaratan kredit usaha rakyat tersebut?

Persyaratan yang diberikan juga cukup mudah. Diantaranya sebagai berikut:

– Menyediakan foto copy identitas diri dan suami/istri yang masih berlaku,
– Foto copy Kartu Keluarga,
– Pas foto diri anda dan suami/istri,
– Foto sebagian kegiatan usaha,
– Surat Keterangan Usaha,
– Tagihan bukti pembayaran listrik selama dua bulan hingga tiga bulan terakhir.

Untuk jaminannya sendiri beragam. Mulai dari BPKB, Akta, SHM dan beberapa kwitansi pembelian barang elektronik. Ini adalah syarat yang sering digunakan oleh kebanyakan bank. Itulah persyaratan kredit usaha rakyat yang sering diminta oleh bank. Syarat ini bisa berubah sewaktu-waktu dan biasanya tiap bank memiliki syarat yang tidak sama.

Untuk jaminan, anda bisa memilih salah satu saja. Setelah persyaratan kredit usaha rakyat terpenuhi, anda bisa mengisi formulir pengajuan yang disediakan oleh bank. Pinjaman yang bisa anda ajukan juga dibatasi. Beberapa bank biasanya hanya membatasi pinjamannya hingga Rp 20 juta saja. Namun ada beberapa bank pula yang meminjamkan pinjaman KUR ini hingga ratusan juta. Tetapi jangan buru-buru mengambil pinjaman terlalu banyak. Pastikan sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda dalam melunasi nya. Itulah sedikit ulasan mengenai kredit usaha rakyat dan persyaratannya. Semoga info ini bermanfaat untuk anda.

Author

Leave a comment

Back to Top